Inilah Peninggalan Tsunami 26 Desember 2004 silam di Banda Aceh yang masih membekas dan dijadikan tempat Wisata Aceh yang patut Anda kunjungi sebagai ajang mengulang memori Lagenda maha dasyat Sang Tsunami ketika Allah murka maka ratalah seluruh Alam ini beserta ribuan Jiwa terenggut dalam gulungan-gulungan Ombak raksasa Tsunami.

Kapal Apung – PLN berbobot 2.600 ton setinggi kurang lebih 4.5 meterΒ  dengan lebar dan panjang 63 x 19 meter , penghasil daya besar ini berlokasi di Punge Blang Cut, Jaya Baru, Kota Banda Aceh. Begitu Anda tiba di lingkungan Kapal Apung Punge, maka mata dan mulut Anda akan ternganga dan terkesima berdacak kagum melihat Megahnya Kapal Apung berdiri kokoh di tengah-tengah pemukiman warga. Anda bisa mengunjungi objek wisata kapal apung ini menggunakan paket wisata yang telah di sediakan Seulanga Travel dengan harga yang terjangkau.

Sebuah Objek Wisata Banda Aceh yang menyimpan secercah sejarah pahit Tsunami, Dahsyat nya Tsunami dengan kedalaman 9 meter itu mampu menyeret Kapal Apung hingga bergeser ke Jantung Kota Banda Aceh sejauh 5 Kilometer, tepatnya terhempas ke tengah-tengah pemukiman warga. Bisa bayangkan Kapal seberat dan sebesar itu mampu terseret dengan Tsunami? Berdasarkan info terupdate, pihak PLN hendak memindahkan kembali Kapal Apung ini ke Laut untuk pengoperasian ulang Kapal penghasil Daya tersebut sebab kerusakannya tidak begitu parah, namun Pemerintah sekitar menyarankan untuk dijadikan Monumen Sejarah yang dimiliki Banda Aceh.

Pemerintah menjadikan Kapal Apung sebagai tempat Wisata Sejarah Terbuka bagi Wisatawan yang datang tuk melihat dan menikmati kota Banda Aceh dari tempat tertinggi Kapal Apung. Sehingga Anda pun dapat berfikir kebesaran Tuhan yang dengan mudahnya menggeser Kapal itu sejauh yang Dia kehendaki. Kini Pemerintah meluaskan lahan Kapal Apung tersebut seluas 2 Ha. Jika Anda berdiri dari Geladak tertinggi kapal itu, maka Anda akan dihempas oleh Angin yang kencang, Anda dapat menyaksikan Kota Banda Aceh yang berubah menjadi lebih modern dan telah menjadi Ibu Kota Aceh pasca Tsunami dan juga Anda dapat melihat lebih jelas Laut dan dermaga Ulee Lheu, dengan begitu Anda akan dapat membayangkan seberapa jauh kapal ini terhempas.

Dari Atas juga Anda dapat melihat Jembatan dan Prasasti jam bundar disekitar lingkungan Kapal Apung. Selain itu, masih di sekitaran lingkungan Kapal Apung terdapat taman Edukasi yang dilengkapi dengan sejarah-sejarah Tsunami berbentuk tulisan-tulisan beserta Foto-foto / dokumenter para Korban tsunamiΒ  yang diabadikan kala itu lengkap dengan nama-nama nya. Dengan sarana yang mendukung itu akan membawa anda ikut merasakan bagaimana gentingnya hati para Korban yang membutuhkan pertolongan saat peristiwa itu terjadi.

Sejak akhir 2010 pihak PLN telah memindahkan Mesin Pembangkit listrik yang ada di Kapal Apung tersebut guna menyangkut kenyamanan warga dan keselamatan warga setempat beserta para Wisatawan yang berkunjung. Jika malam tiba, lampu-lampu yang menyala menggunakan arus listrik dari Trafo Distribusi yang dibagikan ke rumah-rumah warga. So, Anda jangan khawatir dengan jiwa Anda ketika menginjak lantai Kapal Apung berlantai besi.

Tapi tetap hati-hati juga ketika Anda menaiki tangga Kapal itu dan ketika sedang berada di atasnya, utamakan keselamatan Anda. jika Anda berada di kapal Apung pada saat malam hari, Anda dapat menikmati keindahan gemerlap lampu-lampu kota Banda Aceh yang luas. Tapi sayang, tempat Wisata itu ditutup dimalam hari demi keselamatan dan kenyamanan warga untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Untuk kunjungan ke Kapal Apung ini cukup mudah, dari mesjid Baiturrahman ataupun tempat Anda berada cukup naik Transportasi umum seperti Becak motor atau Labi-labi dengan harga terjangkau. Atau Anda juga bisa naik Transportasi pribadi jika Anda memilikinya. Anda dapat berwisata bersama keluarga ataupun pasangan Anda untuk menyaksikan keindahan kapal apung dan Β bukti keAgungan Allah yang diperlihatkan lewat Kapal Apung ini.

Kini lingkungan Kapal Apung menjadi lebih bagus dan para Wisatawan dari berbagai penjuru semakin ramai berkunjung, mengabadikan foto Kapal Apung dan berfoto bersama keluarga dengan Background Kapal Apung, mungkin sebagai bukti mereka pernah ke wisata Banda Aceh yang terkenal ini. Sangat cocok bagi Anda yang membawa Anak-anak untuk Edukasi atau pengetahuan sejarah yang patut mereka ketahui.